Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Tips Agar Gigi Anda Tetap Sehat

just smile Siapa yang tidak mendambakan gigi yang sehat dengan senyum kemilau memancar sepanjang hari. Siapa pula yang tidak ingin gigi dengan sensasi segar dan bersih dalam mulut. Secara tidak langsung gigi sehat dan bersih dapat menambah rasa percaya diri, sehingga anda tidak perlu lagi untuk ragu ingin tersenyum kepada siapapun. Berikut tips yang dapat anda ikuti agar gigi anda tetap sehat serta bebas dari penyakit gigi dan mulut.


1. Bersihkan gigi anda setelah makan. Anda dapat menggunakan sikat gigi atau benang gigi atau dental floss (masih sangat jarang digunakan).  Dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi sekurang-kuranya dua kali sehari, yaitu setelah makan dan sebelum tidur di malam hari.


2. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Mengapa harus yang lembut? agar ketika menyikat gigi, gusi anda tidak luka. Gantilah sikat gigi anda tiap tiga bulan sekali atau sebulan sekali. Jika anda melihat bulu sikat mulai “mekar” maka itu waktu yang tepat untuk membuang sikat gigi anda yang lama dan menggantinya dengan yang baru.


3. Berkunjunglah ke dokter gigi secara rutin. Sekurang-kurangnya 2 kali setahun atau 6 bulan sekali waktu yang direkomendasikan oleh dokter gigi. Mengapa kunjungan teratur dibutuhkan? Ya, karena dokter gigi kadang akan melakukan pembersihan pada gigi jika terdapat tartar atau karang gigi. Dokter gigi juga akan lebih mudah melihat apakah ada diantara gigi anda yang mengalami kerusakan atau mungkin terdapat penyakit gusi, sehingga penanganan dan perawatannya dapat lebih awal.

 
4. Gunakan pasta gigi yang berfluoride. Mengapa fluoride? ya, karena pasta gigi yang mempunyai fluoride dipercaya dapat membantu mencegah kerusakan gigi dengan mekanisme fluoride yang mampu berikatan dengan kalsium-kalsium pada email gigi dan membuat gigi menjadi lebih kuat.


5. Sisakan interval waktu 2-3 jam jika anda makan atau “ngemil”. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu bagi ludah anda  untuk menghilangkan semua produk asam setelah makan dan untuk memperbaiki email gigi.


6. Hindarilah makanan yang terlalu banyak mengandung gula atau bahan pemanis. Jika memungkinkan gunakan bahan pemanis buatan yang mengandung gula alami, seperti gula yang diolah dari jagung. Konsumsi gula dapat menyebabkan kerusakan gigi. Pastikan pula anda berkumur atau menggosok gigi setelah makan “makanan ringan ” seperti cokelat dan permen.


Merawat kesehatan gigi dan mulut tidaklah sulit untuk dilakukan. Dengan mengikuti anjuran di atas serta rajin berkunjung ke dokter gigi maka anda akan mendapatkan senyum yang anda impikan dan tentu saja kesehatan tubuh juga terjaga, karena kesehatan  gigi dan mulut adalah bagian dari kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Technorati Tags:
2 Komentar untuk "Tips Agar Gigi Anda Tetap Sehat"

wah sangat informatif sekali bahasan yang di sampaikan,kadang kita banyak lupannya dengan hal-hal sepele seperti gosok gigi dan sebagainya,tapi smoga dengan pemaparan di atas bisa tetep kita jadikan satu acuan agar selalu biasakan diri dan keluarga agar tetep jaga kebersihan mulut kita ,salam

terimakasih komentarnya, semoga postingan berikutnya bisa jadi sumber informasi tambahan buat sobat2 blogger..

Back To Top