Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Berhenti Merokok, Resiko Gigi Tanggal Masih Tinggi

image Merokok, aktivitas yang banyak dilakukan para pria saat ini, walaupun terkadang dijumpai juga wanita yang merokok adalah ancaman besar bagi kesehatan umum khususnya kesehatan gigi. Banyak orang yang tidak peduli dengan tingginya resiko penyakit yang diakibatkan oleh merokok, apalagi jika khusus berbicara tentang masalah gigi. Efek merokok mungkin hanya dikaitkan dengan timbulnya stain tembakau (warna coklat) di permukaan gigi. Tetapi sebenarnya lebih dari itu resiko kehilangan/tanggalnya gigi juga mengintai.


Menurut artikel dari InteliHealth News Service yang ditulis oleh Nancy Volkers di situs www.simplestepsdental.com sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Tokyo Medical and Dental University yang dipublikasikan oleh Jurnal Oral Diseases mengatakan

kini, studi terakhir di Jepang menemukan bahwa setelah seorang perokok menghentikan aktivitas merokoknya, butuh waktu lebih dari 20 tahun untuk resiko tersebut berkurang ke tingkat/level bukan perokok.

20 tahun bukan waktu yang singkat untuk kembali ke posisi normal. Para peneliti sebelumnya telah mengetahui bahwa aktivitas merokok meningkatkan resiko hilang atau tanggalnya gigi. Penelitian ini melibatkan 547 pria, dengan usia 55 sampai 75 tahun diantara tahun 1990 dan 2005. Para peneliti pada rentang waktu itu mengumpulkan informasi apakah pria tersebut merokok atau dahulu pernah merokok. Mereka juga bertanya pria yang telah berhenti merokok dan telah berapa lama bebas dari rokok.

Pria yang dahulu merokok atau dapat dikatakan mantan perokok mempunyai resiko ganda/dobel kehilangan lebih dari delapan giginya, jika dibandingkan dengan pria yang tidak pernah merokok.

Pria yang telah berhenti merokok 20 tahun yang lalu atau kurang dari itu kira-kira mempunyai 3 kali resiko mayor kehilangan gigi jika dibandingkan dengan pria yang tidak pernah merokok. Akan tetapi, mereka yang tidak merokok selama 21 tahun atau lebih mempunyai resiko yang sama pada pria yang tidak pernah merokok.

Studi ini menyediakan wawasan dan pengetahuan tambahan bagaimana kemudian merokok dapat mempengaruhi gigi. Akan tetapi para peneliti tidak melaporkan informasi tentang berapa tahun para perokok merokok sebelum mereka berhenti merokok.

Sumber :

Artikel >> Many Formers Smokers Still At Risk for Losing Teeth

Gambar >> Smoking

Technorati Tags:
Tag : Merokok
0 Komentar untuk "Berhenti Merokok, Resiko Gigi Tanggal Masih Tinggi"

Back To Top