Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Apa itu bruksisme ?

bruksisme Pernahkah anda mendengar kata bruksisme ? sudah bisa ditebak sangat jarang, bahkan mungkin kali ini anda baru mendengarnya. Ya, karena istilah ini adalah istilah medis yang juga jarang digunakan. Tapi kalau anda ditanya tentang kebiasaan orang yang saat tidur pada malam hari menggertak-gertakkan giginya, mengatupkan gigi atas dan gigi bawahnya layaknya mengunyah/makan sesuatu pasti anda tahu, bahkan mungkin anda, teman anda atau keluarga anda ada yang menderita gangguan ini. Itulah kemudian yang disebut dengan bruksisme. Lalu apa sebenarnya bruksisme?

 

Bruksisme adalah gangguan tidur yang menyebabkan para penderitanya menggertak-gertakkan giginya saat mereka tidur. Jika tidak dirawat bruksisme dapat menyebabkan sakit kepala, sakit pada rahang, dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan email, lapisan terluar gigi anda akan hilang, atau aus dan menyebabkan gigi anda menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan makanan panas atau dingin. Tambalan gigi yang rusak, bahkan gigi yang jatuh/tanggal juga bisa terjadi.

 

Tentu saja jika anda tinggal sendiri sangatlah sulit untuk mendeteksi apakah anda menderita bruksisme atau tidak saat malam hari, karena anda tidak mungkin mendengar sadar saat anda tidur. Rekan anda yang akan mengetahui apakah anda menggertak-gertakkan gigi anda saat anda tidur, karena suara bruksisme kadang-kadang mengganggu dan membangunkan teman yang tidur di samping anda, tidak jauh berbeda dengan suara dengkuran. Tetapi jika anda lebih sering merasakan sakit kepala, sakit pada rahang, atau gigi yang sakit, mungkin itu adalah tanda atau gejala yang penting untuk dikonsultasikan ke dokter gigi anda.

 

Sumber :

Technorati Tags:

Tag : Bruksisme
0 Komentar untuk "Apa itu bruksisme ?"

Back To Top