Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Pemutihan Gigi, Jalan Keluar untuk Gigi yang Mengalami Perubahan Warna

gambar pemutihan gigi Pemutihan gigi biasa juga dikenal dengan nama “bleaching gigi”, adalah suatu bentuk aplikasi dari ilmu kedokteran gigi kosmetik yaitu ilmu dalam bidang kedokteran gigi yang banyak bersinggungan dengan gigi sebagai salah satu elemen kosmetik yang sangat berhubungan dengan nilai “kecantikan”.

Prosedur pemutihan gigi melibatkan proses yang akan mencerahkan warna gigi. Hal ini berarti jika sebelumnya gigi anda kusam, maka setelah melalui serangkaian prosedur pemutihan gigi maka akan menghasilkan gigi anda yang lebih putih dan bersinar. Hal ini dimungkinkan dengan “bleaching” atau membersihkan permukaan email gigi.

Ada banyak alasan yang menyebabkan mengapa permukaan email gigi dapat mengalami perubahan warna. Diantaranya yaitu :

1. Penuaan.

Salah satu proses alamiah yang berhubungan dengan pewarnaan gigi adalah proses penuaan. Maki tua usia anda maka kemungkinan gigi anda berubah menjadi kuning. Gigi bertambah gelap seiring dengan bertambahnya usia dan karena keausan, akumulasi noda atau stain yang terdapat pada gigi, perubahan dalam struktur gigi.

2. Genetika

Faktor kedua yang memainkan peranan penting dalam perubahan warna gigi adalah genetika. Genetika berpengaruh pada apakah gigi anda memiliki translusensi (seperti tembus pandang) atau tidak. Bila lapisan email tipis dan tembus, maka ia akan tampak lebih gelap dan tidak menghasilkan hasil yang diinginkan setelah prosedur pemutihan gigi.

3. Makanan dan kebiasaan merokok

Pewarnaan pada email gigi bukan hanya hasil secara alamiah dan faktor genetika. Makanan dan kebiasaan merokok serta penggunaan obat-obatan dapat menyebabkan perubahan warna gigi anda.

4. Konsumsi minuman berwarna

Minuman seperti anggur merah, kopi, soda, teh, jeruk, wortel yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan timbulnya noda atau stain. Makanan yang banyak mengandung asam dapat menyebabkan terjadinya erosi pada lapisan email. Sementara itu, nikotin akan meninggalkan endapan coklat pada lapisan email. Endapan ini dapat meresap ke dalam dan membuat terjadinya perubahan pada warna gigi.

Prosedur pemutihan gigi ini dapat menjadi jalan keluar atau solusi untuk membuat gigi anda yang tadinya kusam, tidak bersinar, terlihat gelap menjadi lebih cerah dan berkilau.

0 Komentar untuk "Pemutihan Gigi, Jalan Keluar untuk Gigi yang Mengalami Perubahan Warna"

Back To Top