Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Tips Mempercepat Penyembuhan setelah Pencabutan Gigi

gambar mempercepat penyembuhan setelah pencabutan gigi Setelah gigi anda dicabut ada beberapa langkah pencegahan yang harus Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit dan mempercepat masa penyembuhan luka. Pencabutan gigi biasanya diindikasikan jika anda memiliki gigi bungsu (biasa disebut gigi molar ketiga), dimana gigi ini dapat menyebabkan gigi anda yang terdapat disebelahnya menjadi bergeser, mengalami kerusakan, akar yang mengalami kematian ataupun bentuk infeksi lainnya.

Jika Anda mengalami masalah-masalah seperti diatas anda sebaiknya mengunjungi dokter gigi anda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Setelah pencabutan gigi, akan terbentuk gumpalan darah di dalam soket gigi. Anda sebaiknya tidak mengganggu bekuan darah ini, karena itu instruksi untuk tidak berkumur, tidak merokok, dan mengisap daerah bekas pencabutan adalah instruksi yang mungkin sering anda dengarkan dari dokter gigi. Hal ini berhubungan dengan usaha untuk mencegah terjadinya pemecahan bekuan darah yang telah terbentuk. Jika bekuan darah ini pecah maka ini tentu saja memperlambat masa penyembuhan.

Setelah bekuan darah terbentuk , maka akan terjadi remodelling tulang, yang umumnya memakan waktu sekitar satu minggu. Setelah tulang direnovasi maka gusi Anda seolah-olah menutupi soket (kantung, lubang yang terbentuk setelah pencabutan gigi) dan pada akhirnya akan sembuh. Banyak pasien yang bertanya tentang berapa lama sebenarnya masa pemulihan setelah pencabutan gigi, dan jawabannya adalah tidak ada standar waktu yang dapat ditetapkan untuk memastikan pulihnya jaringan setelah pencabutan gigi karena hal ini bergantung pada beberapa faktor, seperti :

1. Kesehatan pasien
2. Jenis pencabutan
3. Kesehatan gigi
4. Adanya infeksi

Sebagian besar dokter gigi akan memberi Anda sejumlah instruksi yang sangat khusus setelah pencabutan gigi, diantaranya sebagai berikut :

1. Simpanlah kasa pada daerah bekas pencabutan gigi etidaknya setengah jam setelah pencabutan gigi

2. Makanlah makanan yang ringan dan dingin seperti yoghurt dan es krim selama minimal dua hari setelah pencabutan gigi

3. Selalulah ikuti petunjuk obat yang diresepkan, jangan membuat resp untuk diri anda sendiri

4. Pada hari kedua, cobalah berkumur dengan air garam hangat untuk mencegah infeksi bakteri. Ini dapat meringankan kemungkinan terjadinya infeksi berrkelanjutan

5. Untuk mencegah pembengkakan, gunakan kompres dengan es pada wajah Anda

6. Jangan merokok selama paling sedikit 24 jam setelah pencabutan gigi

7. Jangan menyikat gigi dengan sikat yang keras di sekitar luka bekas pencabutan yang masih terbuka

8. Ikutilah semua instruksi khusus yang diberikan oleh dokter gigi anda

Pastikan pada luka bekas pencabutan gigi tidak terjadi infeksi. Infeksi dapat berubah menjadi komplikasi kesehatan yang serius jika terjadi pada luka bekas pencabutan. infeksi ini dapat menjalar ke rahang ataupun tulang anda.

1 Komentar untuk "Tips Mempercepat Penyembuhan setelah Pencabutan Gigi"

kalau misalnya terdapat warna putih dan agak kehitaman pada lubang bekas cabut gigi gimana gan ?

Back To Top