Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Mengapa Gigi Anda Kuning ?

yellow teeth Gigi Kuning, warna gigi yang begitu dihindari semua orang. Mengapa? Karena kadang gigi dengan warna kuning dianggap sebagai gigi yang tidak bersih, penuh dengan kotoran dan plak. Sementara gigi dengan warna putih cemerlang menjadi bagian dari mimpi setiap orang. Jadi tidak heran jika semua orang berlomba-lomba berkunjung ke praktisi kesehatan gigi (dokter gigi) untuk memutihkan gigi. Padahal jika ditelisik lebih jauh sebenarnya warna gigi diciptakan tidak dengan warna yang betul-betul putih, tetapi dengan warna yang agak sedikit kuning. Lalu, mengapa gigi berwarna kuning?

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi warna kuning gigi anda :

  • Natural, alami : Beberapa orang memang diciptakan dengan gigi berwarna kuning.  Hal ini bukanlah merupakan bentuk  kelainan atau  kecacatan karena tidak semua dari kita cukup beruntung untuk memiliki gigi putih alami. Sebenarnya sebagian besar dari permukaan terluar gigi (enamel) manusia berwarna putih. Namun, lapisan di bawahnya yang disebut dentin secara alami berwarna kuning. Dalam beberapa kondisi, lapisan paling luar (enamel) yang tidak mengalami mineralisasi secara baik menyebabkannya menjadi jelas. Hal ini membuat warna dentin yang (kuning) lebih jelas sehingga tampaklah gigi tersebut berwarna kuning, dan anda tidak dapat mengubah warna gigi alam ini, kecuali jika Anda menggunakan metode pemutihan gigi.
  • Penuaan : Anda harus menerima kenyataan bahwa kuningnya gigi anda adalah bagian dari terjadinya penuaan yang alami. Namun sebaiknya anda hati-hati pula dalam menjaga kebersihan. Selama jangka waktu tertentu agen stain (bahan yang melekat pada permukaan gigi) dapat menimbulkan warna kuning pada gigi anda. Semakin banyak agen stain yang melekat pada permukaan terluar (email) gigi anda, maka akan menutupi warna putih (email) gigi anda dan akhirnya warna kuning gigi akan terlihat. 
  • Kebersihan gigi dan mulut: kebersihan gigi dan mulut yang buruk adalah penyebab utama gigi yang berwarna kuning. Anda dapat mengatakan "gigi kuning dapat menyebabkan berbagai macam masalah" tetapi kebersihan gigi dan mulut yang buruk selalu menyebabkan gigi berwarna kuning (bersama dengan sejumlah masalah gigi dan mulut lainnya)
  • Kebiasaan Makan: Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat bertanggung jawab atas terjadinya perubahan warna pada gigi. Makanan seperti teh, kopi, dan soda mempunyai efek “mewarnai” gigi. Merokok dan mengunyah tembakau juga menyebabkan stain (warna) pada gigi oleh karena adanya deposit atau akumulasi nikotin pada gigi.

Beruntunglah anda yang mempunyai gigi dengan warna yang lebih putih. Dan anda yang mempunyai gigi yang berwarna kuning, jangan minder karena gvigi anad sebenarnya tidak lebih buruk dari yang mempunyai gigi putih. Poin penting yang utama adalah ketika anda dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Apa gunanya gigi dengan warna putih jika tidak sehat.

18 Komentar untuk "Mengapa Gigi Anda Kuning ?"

waduh bisa malu ni awak kalau gigi-nya kuning, kalau kuning emas sih ga papa..hehehehe

Gigi putih lebih menarik,
terima kasih infonya, moga kita bisa menghindari kebiasaan2 yg membuat gigi kuning.
Tapi sekarang ini banyak pasta gigi yang menawarkan bisa memutihkan gigi.

selamat pagi bos ory baru berkunjung balik . gigi kuning its OK yang penting bersih ya ga.....

Wah...posting yang menarik boz..I Like It..

@ blog : slmt datang sob di gusi merah ..
g usah malu sob, pede aja lagi..gigi gw juga g putih2 amat tuh..yng pnting kan sehat giginya sob, kuning emas..duh, masih jaman..??

@ agoez : sama-sama sob, iya sebenarnya dasar kesehatan gigi itu tuh ya kesadaran kita menjaga kesehatan gigi kalau pasta gigi yang bis memutihkan gigi memang ada

@ anak : thanks knjungannya, tul banget tuh sob..

@ gery : thanks komennya sob, gw ucapkan "selamat datang di "gusimerah"

@ fajli : thanks..duh senangnya, ternyata posting yang gw buat bisa buat orang senang, beramal lagi nih..he2x..

asyik nih artikel...
masukan deh buat yang mau mbaca tulisan ini, thx ya

Gigiku gak putih tapi jg gak kuning2 amat, tapi alhamdulillah gak pernah sakit gigi & gigiku masih utuh diusia yang gak muda gak tua he he

@ bejo : selamat datang sobat...thanks ya komennya, senang tulisan ini bisa brmanfaat

@ prihanjoyo : tepatnya "netral" warna giginya ya..he..syukurlah punya gigi yang bagus...banyak orang yang tidak seberuntung anda..

lucu juga ya kalau cerita mengenai gigi. ys suka download film kunjungin ya www.suka-gratis.net

waw-wah...ternyata gigi kuning juga sebagai saah satu indikator tanda2 tanda sudah mulai tua ya...baru tahu nih...trims infonya

berkunjung nih......bos... gimana kabarnya ko jarang upadate...

info bagus gan...
http://freezipe.com/

@ wendy : bicara tentang gigi sobat, tidak akan pernah ada habisnya...karena kita tidak pernah lepas dari aktivitas yang namanya makan dan senyum

@ goceng : sama sobat, sya juga bru tw setelah mengulas artikel ini...trims kembali..

@ kelik : sama2 sobat

@ anak ciremai : iya, maaf kemrin2 jarang update mungkin sekitaran 3 bulan g pernah update, banyak tugas

@ freezipe : mksh sob, blognya sobat juga bgus kok

@ wongapik : g usah malu sob, toh banyak juga orang diluar sana yang giginya kuning..yang penting kan sehat n g ada lubangnya...

heem.. Gigiku kuning karena kebiasaan mengkonsumsi rokok dan kopi...

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Back To Top