Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Ketahui Perjalanan Mengapa Anda Bisa Sakit Gigi

gambar sakit gigi Sakit gigi, bagi anda yang pernah merasakannya adalah pengalaman tersendiri yang sangat tidak nyaman. Anda sebaiknya mengetahui mengapa anda bisa sakit gigi dengan informasi mengenai proses sakit gigi terjadi.

Tahukah anda kalau rongga mulut anda sebenarnya penuh dengan bakteri. Beberapa jenis bakteri ini mempunyai kemampuan untuk mengubah karbohidrat dan gula yang terdapat dalam makanan yang dicerna menjadi asam. Bakteri ini mungkin tak dapat ditolak kehadirannya, karena ia juga dibutuhkan selama jumlah dan komposisinya masih dalam keadaan normal. Asam, bakteri, air liur, serta makanan bergabung untuk pertama kali membentuk lapisan lembut yang dikenal secara umum sebagai “plak” yang menempel pada lapisan email gigi. Jika plak tidak dihilangkan oleh gerakan menyikat gigi seusai anda makan, maka plak ini akan mengeras. Oleh karena itu anda dianjurkan untuk menyikat gigi seusai anda makan. Lapisan plak yang telah mengeras ini dalam bahasa kedokteran gigi biasa dikenal sebagai tartar atau kalkulus, dan orang awam lebih mengenalnya sebagai “karang gigi”.

Asam yang terdapat pada lapisan tartar secara bertahap akan menyerang lapisan pelindung email gigi anda. Dan pada akhirnya, asam ini akan menghabiskan semua email gigi. Oleh karena adanya aksi asam pada email gigi maka nantinya akan terbentuk lubang pada lapisan email gigi. Inilah awal dari pembentukan lubang pada gigi yang jika tidak ditindak lanjuti dapat menyebabkan gigi berlubang dan sakit gigi. Pada tahapan ini anda tidak akan merasakan gejala apa-apa karena ia tidak memberikan reaksi nyeri ataupun sakit.

Serangan asam lalu berlanjut ke lapisan kedua setelah email gigi yaitu lapisan dentin, yang merupakan jaringan lunak gigi yang berada di dalam email. Pada tahap ini anda akan merasakan yang biasa disebut “gigi sensitive” terutama jika anda mengkonsumsi minuman yang dingin. Sampai pada tahap ini anda akan merasakan keluhan sakit gigi yang pertama, yaitu rasa ngilu saat mengkonsumsi minuman bersuhu dingin.

Lalu setelah asam menyerang mencapai lapisan sementum dimana dalam sementum ini terdapat ruang pulpa gigi yang berisi ujung-ujung saraf maka kemudian keluhan tingkat lanjut akan sakit gigi akan anda rasakan. Terbukanya pulpa atau masuknya sejumlah bakteri kedalam pulpa akan menyebabkan anda merasakan gejala sakit atau nyeri yang begitu hebat karena ia telah melibatkan unsur saraf didalamnya.

0 Komentar untuk "Ketahui Perjalanan Mengapa Anda Bisa Sakit Gigi"

Back To Top