Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

3 Mitos Seputar Bau Mulut

smell stink Ada begitu banyak mitos seputar perawatan bau mulut. Berikut ini adalah tiga hal yang mungkin pernah anda dengar tentang bau mulut yang sebenarnya tidak tepat:

 

Mitos 1: Obat kumur akan menghilangkan bau mulut.
Obat kumur hanya akan menghilangkan bau mulut untuk sementara. Jika Anda menggunakan obat kumur, carilah obat kumur antiseptik (yang sifatnya membunuh kuman penyebab bau mulut) dan yang sifatnya mengurangi plak. Jika memungkinkan produk yang anda beli terdapat tanda/logo pengakuan lembaga/ dari organisasi kesehatan. Jika anda ingin membeli produk untuk kesehatan gigi, pastikan untuk membeli produk yang telah disetujui oleh lembaga/organisasi kesehatan yang telah diakui. Konsultasi dengan dokter gigi juga dapat anda lakukan untuk memilih produk yang tepat untuk anda.

 

Mitos 2: Selama Anda menyikat  gigi Anda, maka anda tidak akan memiliki bau mulut.
Yang benar adalah adalah sebagian besar orang hanya menyikat gigi mereka selama 30 sampai  45 detik, dan hal itu tidak cukup untuk menghalangi dan menghindarkan anda dari bau mulut. Untuk membersihkan seluruh permukaan gigi Anda, Anda harus menyikat gigi sekurang-kurangnya 2 menit minimal dua kali sehari. Jangan lupa pula menyikat lidah Anda, karena bakteri suka berdiam di tempat ini. Flossing (membersihkan gigi dengan benang gigi) juga salah satu hal yang penting, karena prosedur menyikat gigi tidak dapat menghilangkan plak berbahaya dan partikel makanan yang terjebak diantara gigi dan gusi.

 

Mitos 3 : Jika anda menghembuskan nafas ke tangan Anda, maka Anda akan tahu jika anda memiliki bau mulut.
Hal itu ternyata salah. Jika Anda bernafas, Anda tidak menggunakan tenggorokan Anda sama halnya ketika Anda berbicara. Jika Anda berbicara, Anda cenderung membawa keluar nafas anda dari bagian belakang mulut (tempat bau mulut berasal), berbeda ketika anda bernapas. Sulit bagi seseorang untuk mengetahui apakah dia memiliki bau mulut atau tidak.


Jika Anda merasa mempunyai bau mulut, pastikan Anda memperhatikan kesehatan gigi dan mulut Anda dengan baik. Beberapa permen karet yang bebas gula serta mint juga dapat menyebabkan bau mulut.

 
Jika Anda rajin menyikat gigi, flossing dengan benang gigi serta mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan dan pembersihan rutin, tetapi bau mulut anda masih berlanjut, Anda mungkin memiliki masalah kesehatan seperti sinusitis atau penyakit gusi. Hubungi dokter atau dokter gigi jika Anda merasa mengalami masalah ini.

 

Technorati Tags: ,
2 Komentar untuk "3 Mitos Seputar Bau Mulut"

halo sob...sori nh baru bisa mampir...blogmu tambah keren aja and kreatif...hppy blogging

iya, kemana aja nih...bru mncul..g prnh posting lagi ya..ah, biasa aj tuh sob, g mungkin juga bisa bgus klo g ada msukan dri sob...

Back To Top