Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Tips Merawat Kesehatan Gigi Anak

child teeth_ Perawatan dan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya dimulai sejak dini,  dan masa kanak-kanak adalah waktu yang tepat untuk itu. Orang tua memegang peranan penting disini karena orang tua secara langsung setiap hari berinteraksi dengan anak dan bertanggung jawab penuh terhadap kesehatan anak, khususnya kesehatan gigi. Berikut tips dan hal yang patut menjadi perhatian para orang tua :

  • Berikan asupan kalsium yang cukup agar gigi anak anda kuat. Jumlah asupan kalsium yang direkomendasikan untuk anak usia 4-8 tahun adalah sebanyak 800mg. Susu  adalah sumber kalsium yang cukup baik untuk anak.
  • Hindari memberikan minuman gula dalam botol  (susu botol) kepada bayi atau anak anda. Mengapa? karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan (karies/lubang) gigi, terutama karies di bagian gigi depan anak anda. Jenis kerusakan gigi ini sangat cepat perkembangannya.
  • Sikatlah gigi anak anda, jika mereka belum mampu menyikat gigi mereka sendiri. Lalu  ajarlah mereka menyikat gigi, hingga mereka dapat melakukannya sendiri. Awasi, cara mereka menyikat gigi, apakah sudah tepat atau belum.
Technorati Tags: ,
10 Komentar untuk "Tips Merawat Kesehatan Gigi Anak"

Apa kalau untuk anak umur 2 tahunan saat menyikat gigi harus pakai pasta gigi?

Mohon sarannya. Soalnya adek saya umur 1,7nan gigi depannya muncul warna kecoklatan itu.
Terima kasih

maaf mas, saya bukan dokter gigi, masih mahasiswa, jadi ilmunya masih rendah..tapi setau saya pasta gigi untuk anak-anak itu tidak harus dipakai,karena kadang anak2 tidak suka. Yang penting itu satu, giginya dibersihkan dan disikat, walaupun tanpa pasta gigi...

Untuk masalah warna pada gigi depan, saya kurang tw mas, sebaiknya mas konsultasi ke dokter gigi langsung...bisa ke http://drgdondy.blogspot.com/ (adminnya dokter gigi) atau ke http://alatkedokterangigi.blogspot.com/ (adminnya dokter gigi)

Saya setuju untuk mengajarkan cara gosok gigi yang baik sejak kanak-kanak, karena penting membangun kesehatan yang baik..

yup sepakat mas...lebih cepat lebih baik..

wah info yang bagus neh...bisa banyak belajar..

info bagus...eh posting tentang ortodensi (benerkan istilahnya?) dong...

Kalo anak autis kan ga boleh minum susu.. jadinya kalsiumnya dari mana ya? biar gigi n gusinya sehat

thanks sobat2 d pada banyak yang komen di blog ini...

@ angga arie : thanks sob, moga info2 seger lainnya segera menyusul,rajin2 aja ksini sob klo mw jago masalah gigi...

@ ang : thanks sob..mksh pujiannya, jdi bangga neh...he2xposting tentang ortodonsi (d bener kok) ok, nnti kuposting ya..tnggu aja, loe harus yang pertama komen ya sob, kan loe yang minta..

@ chrysanti : thanks y mba' sdh brknjung..suplai kalsium untuk anak-anak tidak semata dari susu mba' masih banyak yang lain, misalnya dari sayur brdaun hijau, biji2an, kcang2an(dan olahannya), daging, telur. Cuman memang susu punya kandungan kalsium yang tinggi. Jadi klo g bsa lewat susu kn bisa asupannya lewat pmberian bahan2 y diatas tdi..banyak jalan menuju roma..he2x

Abu Syafiq Assambasy
delete

Ane ijin copas artikelnya ya mas, buat tambahan info, kebetulan anak ane baru berusia 9 bulan n udah tumbuh giginya...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Back To Top