Sunday, January 03, 2010

Tentang Gigi Tiruan (Baca : Gigi Palsu)

gigi palsuMenyebutkan kata “gigi tiruan” yakin dan percaya banyak yang tak tahu dengan istilah itu. Tetapi jika anda menyebutkan kata “gigi palsu” masyarakat awam pastilah tahu. Sebuah “protesa” – alat pengganti tubuh manusia yang hilang,  yang sepertinya hampir dimiliki oleh semua orang tua diatas usia 50 tahun-an di sekitar kita. Orang tua yang memakai gigi tiruan (gigi palsu) sangat mudah ditemukan, apalagi di desa-desa atau di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan.

 

Gigi tiruan atau gigi palsu dalam dunia kedokteran gigi sangat dikenal sebagai protesa yang paling populer dalam bidang prostetik. Gigi tiruan lahir sebagai sebuah alat yang diciptakan untuk membantu pasien mencapai kesehatannya kembali dengan bantuan gigi tiruan yang menyerupai gigi asli. Walaupun memang tak dapat dibantah bahwa, sebagus-bagusnya gigi tiruan, maka ia tidak akan pernah dapat dan bisa untuk mengganti fungsi gigi alami atau gigi asli. Hal ini termasuk pada bahan, sensasi rasa, serta efek psikologi penggunaannya.


Gigi tiruan atau gigi palsu yang dikenal secara umum di masyarakat kita adalah gigi tiruan yang termasuk jenis gigi tiruan konvensional, yang diantaranya adalah gigi tiruan sebagian dan gigi tiruan penuh. Sebenarnya ada banyak jenis gigi tiruan (gigi palsu). Kemajuan di bidang kedokteran gigi selama bertahun-tahun jauh lebih baik menerapkan metode total perawatan kesehatan melalui bantuan gigi tiruan. Kedokteran gigi modern selalu berusaha menciptakan inovasi terbaru yang berusaha untuk menyamai bentuk, fungsi, dan karakter gigi alami (gigi asli) walaupun memang hal itu sulit.

 

Gigi tiruan menjadi andalan para orang tua yang berusia lanjut untuk mengembalikan tampak estetik mereka yang telah hilang. Tidak sedikit dari mereka yang merasa meningkat kepercayaan dirinya setelah menggunakan gigi tiruan (gigi palsu). Hal ini karena mereka melihat diri di cermin dalam keadaan tidak dengan wajah yang penuh guratan di sekitar bibir, dan tidak “kempot” lagi.

5 comments:

  1. artikel yang sangat bermanfaat
    makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. ini gigi tiruan yang satu set ya?
    kalau yang satuan itu gimana?
    kadang warnanya beda ma gigi asli...

    ReplyDelete
  3. @ narti : trims d mampir...
    @ sda : gigi tiruan yang satu set itu untuk bahan gigi tiruan penuh, trus yang satuan itu untuk gigi tiruan sebagian. Iya, warnanya memang kadang beda dengan gigi asli,pemilihan warnanya trgantung bnyak pertimbangan, slah satunya tergantung pada keinginan si pemakainya

    ReplyDelete
  4. Kalau bicara harga, kira-kira berapa ya sob?, saya ingin sekali membelikan kepada seseorang nih..tolong bantu yah...

    ReplyDelete
  5. @ blog bisnis : harga yang mana nih sob? klw masalah harga sya g tw pastinya brapa, gigi tiruan sobat bisa banyak temukan di toko-toko yang menjual produk2 alat kesehatan, harganya bervariasi, tergantung kualitasnya, (ada yg murah, ad jg yng mahal, trgantung mw pilih mana) sy kira mudah kok nyari tko kayak gtu, palagi d kota2 besar..

    ReplyDelete