Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Resiko Kanker Mulut pada Penggunaan Obat Kumur Jangka Panjang

gambar obat kumur Menggunakan obat kumur tanpa aturan yang jelas menurut beberapa penelitian dapat menyebabkan meningkatnya resiko untuk terjadinya kanker mulut. Oleh karena itu penggunaannya harus mengikuti aturan dan ketentuan yang dianjurkan oleh para praktisi kesehatan misalnya oleh dokter atau dokter gigi.

Beberapa indikasi penggunaannya yang telah diketahui diantaranya adalah untuk menangani infeksi ataupun gangguan dalam rongga mulut berupa peradangan atau inflamasi, namun ternyata ditemukan bahwa disamping penggunaan yang bermanfaat ini ternyata ia juga memiliki efek negatif yaitu terjadinya karsinoma atau kanker pada rongga mulut.

Beberapa penelitian mendukung pernyataan bahwa obat kumur yang digunakan dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan resiko kanker mulut. Ini dapat terjadi jika anda banyak menggunakan jenis yang mengandung alkohol, terutama jika kadar atau nilai alkohol didalamnya tinggi. Anda dapat memiliki resiko hingga sembilan kali lipat jika menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu jika anda ingin menggunakan obat kumur sebaiknya tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang walaupun banyak manfaat sehat obat kumur yang telah kita ketahui seperti mencegah pembentukan plak gigi serta peradangan gusi.

Karena itu para praktisi kesehatan mengemukakan anjuran untuk menggunakan obat kumur dengan fungsi sebagai pelengkap atau tambahan untuk melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulut. Jangan terlalu sering anda gunakan. Adapun tindakan utama perawatan kesehatan gigi dan mulut yang utama seperti menyikat gigi dan menggunakan benang gigi (dental floss) harus menjadi prioritas. Obat kumur hanya dapat anda andalkan sebagai pembuat sempurna perawatan kesehatan gigi dan mulut anda.

0 Komentar untuk "Resiko Kanker Mulut pada Penggunaan Obat Kumur Jangka Panjang"

Back To Top