Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Bahaya Tindik (Oral Piercing) Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut

bahaya-tindik-oral-piercing-gigi-mulutBanyak orang tidak menyadari bahwa ada efek samping negatif dari tindik atau oral piercing. Terlepas dari kenyataan bahwa akan ada pembengkakan dan perubahan dalam kemampuan seseorang untuk berbicara dengan baik, ada banyak hal masih banyak yang bisa terjadi. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Penyakit gusi
Perhiasan yang sering dimasukkan ke dalam lidah atau bagian manapun dari mulut bisa bersentuhan dengan gusi. Jaringan gusi sering menjadi teriritasi. Jika daerah tersebut menjadi teriritasi, infeksi dapat terjadi. Jika ada infeksi di gusi, gigi akan sangat menderita. Ini dapat menyebabkan kehilangan gigi.

Penyakit apapun dapat dengan mudah ditransfer.
Ada kasus di mana beberapa virus, hepatitis, dan bentuk lain dari penyakit dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Ada banyak orang di luar sana melakukan tindik atau oral piercing sendiri. Dengan demikian, mereka menjadi rentan terhadap penyakit tertentu.

Karena mulut selalu dalam keadaan basah, seseorang yang memiliki tindik atau oral piercing rentan terhadap infeksi oleh bakteri. Perhiasan yang sering dimasukkan ke dalam jaringan lunak yang berlubang juga dapat terinfeksi.

Perdarahan berkepanjangan
Ada kasus di mana pembuluh darah yang sensitif secara tidak sengaja tertusuk, akibat perdarahan berkepanjangan. Dalam hal ini, orang tersebut akan merasa mati rasa dan kehilangan sensasi.

Mereka yang memiliki masalah jantung sebaiknya tidak menggunakan tindik atau oral piercing. Orang dengan masalah jantung mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi dari endokarditis, peradangan pada jaringan jantung. Infeksi bakteri dapat mencapai jantung yang dapat menyebabkan kelainan pada fungsi jantung.

Alergi terhadap logam.
Mungkin ada beberapa reaksi alergi terhadap bahan yang digunakan dalam tidik atau oral piercing. Selain itu, perhiasan ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi, terutama jika orang tersebut sensitif terhadap logam.

Oral piercing dapat merusak gigi.
Perhiasan dapat menyebabkan retak atau chip pada gigi, terutama jika terjadi kecelakaan. Telah terbukti bahwa perhiasan di mulut dapat menyebabkan gigi chipping.

Kesulitan makan.
Kebanyakan dari mereka yang menggunakan tindik atau oral piercing melaporkan kesulitan dalam mengunyah atau menelan makanan. Selain itu, mereka juga ternyata memiliki kesulitan berbicara dengan jelas.

0 Komentar untuk "Bahaya Tindik (Oral Piercing) Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut"

Back To Top