Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Tips Untuk Mencegah Bau Mulut (Halitosis)

tips-halitosisBau mulut atau halitosis ditandai dengan bau di mulut, dalam kondisi kronis hal ini disebabkan oleh bakteri yang mempengaruhi 25% dari populasi.

Bau mulut memiliki prevalensi tinggi pada populasi umum, karena diperkirakan bahwa lebih dari 50% orang menderita bau mulut (tidak kronis). Hampir setiap orang memiliki bau mulut saat bangun di pagi hari, setelah beberapa jam tidur malam, ketika struktur mulut telah beristirahat produksi air liur sudah sangat terbatas.

Penyebab halitosis mungkin ditemui, misalnya dari kebersihan mulut yang buruk, penyakit serius seperti kanker paru-paru, untuk gastritis kronis, meskipun sebagian besar berasal dari mulut

Perawatan halitosis
Dalam kondisi klinis sering diamati bahwa salah satu penyebab paling umum dari halitosis adalah gastritis kronis.

Perawatan halitosis akibat penyakit lain tidak disebutkan di atas dan memiliki fase atau tahap yang berbeda-beda:

Pergilah ke dokter gigi untuk memeriksa rongga mulut anda, semua gigi dan gusi. Anda mungkin menyarankan sebuah skala rutin untuk menghilangkan karang gigi dan plak dan mengobati kerusakan gigi.

  • Gunakan benang gigi: untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi. Sebaiknya lakukan setelah makan dan sebelum menyikat gigi.
  • Menyikat gigi setidaknya tiga kali sehari atau setelah setiap makan dan di jangan pernah lupa sebelum anda tidur di malam hari. Penyikatan harus dilakukan pada semua sisi dan juga harus mencakup bagian belakang lidah. Direkomendasikan sikat gigi lembut jika gusi berdarah dan pasta gigi yang memiliki kadar fluor tinggi.
  • Obat kumur (terutama yang mengandung zat antiseptik) setelah menyikat gigi.
  • Permen karet tanpa gula : merupakan obat untuk halitosis antara waktu makan atau antara menyikat gigi, karena ia meningkatkan produksi air liur. Juga harus mengganti sikat gigi.Permen karet Xylitol di samping itu, memiliki efek bakteriostatik karena netralisasi asam dan mencegah pembentukan plak gigi.
  • Minum banyak air: dianjurkan untuk minum antara satu dan dua liter air sehari untuk mendorong produksi air liur.
  • Hindari tembakau, alkohol, kopi dan makanan dengan rasa yang intens dan bau seperti bawang putih, yang meningkatkan halitosis.
  • Jika semua langkah sebelumnya tidak mampu untuk mengatasi bau mulut maka akan dibutuhkan perawatan khusus.

Saat ini, bau mulut mungkin karena berbagai penyebab :

  • Kesehatan gigi yang buruk menyebabkan kerusakan gigi, gingivitis dan penyakit periodontal.
  • Bakteri yang bersarang pada papila ditemukan di bagian belakang lidah, yang bersama dengan substrat lendir menyebabkan bau mulut.
0 Komentar untuk "Tips Untuk Mencegah Bau Mulut (Halitosis)"

Back To Top