Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Bagaimana Mencegah Kanker Mulut

pemeriksaan kanker mulut Kanker mulut, mungkin orang awam jarang mendengarnya. Kita lebih banyak mendengar tentang kanker otak, kanker payudara, kanker paru-paru, dan jenis kanker lainnya namun faktanya kanker mulut dapat kita jumpai dalam masyarakat, walaupun memang tidak banyak ditemukan, mungkin hanya sekian persen saja.

 

Kanker mulut sebagai salah satu dari sekian banyak jenis kanker yang menggerogoti tubuh manusia kadang-merupakan hal yang sulit dijelaskan. Para praktisi kesehatan juga tidak selalu dapat menjelaskan mengapa seseorang dapat menderita kanker dan yang lainnya tidak. Banyak orang yang mempunyai resiko kanker ternyata juga tidak menderita penyakit kanker. Namun mencegah faktor resiko dan meningkatkan faktor perlindungan tubuh dapat mencegah terjadinya kanker.

 

Menghindari beberapa faktor resiko seperti merokok, kegemukan, dan kurang olahraga, dapat membantu mencegah terkena kanker. Meningkatkan faktor perlindungan tubuh seperti tidak merokok, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dan rutin berolahraga mungkin dapat membantu mencegah anda dari kanker. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau pada para praktisi kesehatan lainnya mengenai bagaimana menurunkan resiko terkena kanker.

 

Lalu bagaimana sebaiknya kita mencegah terjadinya kanker mulut. Berikut ini beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker mulut pada seseorang, yang sebaiknya anda hindari :

 

Tembakau

Menggunakan tembakau adalah penyebab utama terjadinya kanker mulut. jadi mulai saat ini berhentilah merokok. Merokok dan mengunyah tembakau berhubungan dengan terjadinya kanker mulut. Resiko terkena kanker mulut ternyata meningkat sejalan dengan jumlah rokok yang diisap selama sehari. Menggunakan produk tembakau berhubungan dengan terjadinya kanker di dasar mulut, juga menyebabkan kanker pada rongga mulut, pada oropharynx dan pada bibir. Pengguna tembakau yang mempunyai kanker mulut dapat berkembang menjadi kanker lainnya dalam rongga mulut, atau di daerah sekitarnya seperti hidung, kerongkongan, pita suara, dan pada trakea (batang tenggorokan)

 

Alkohol

Mengonsumsi alkohol adalah faktor resiko utama kanker mulut. Jadi sebisa mungkin hindarilah konsumsi alkohol jika anda tidak ingin menderita kanker mulut. Resikonya meningkat sejalan dengan seberapa banyak alkohol yang dikonsumsi dalam sehari. Konsumsi alkohol adalah faktor resiko utama terjadinya lesi leukoplakia dan eritroplakia, suatu lesi abnormal yang terjadi pada lapisan mukosa rongga mulut dan dapat berubah menjadi kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiko kanker mulut akan menurun jika seseorang berhenti mengonsumsi alkohol.

 

Paparan Matahari

Terlalu lama terpapar matahari ternyata dapat meningkatkan terjadinya kanker di bibir anda, biasanya terjadi pada bibir bawah. Menghindari matahari dan menggunakan pelembab bibir dengan sunscreen atau menggunakan lipstik yang berwarna dapat mengurangi resiko kanker bibir.

 

Infeksi HPV

Berhati-hatilah dengan jenis virus ini yaitu HPV atau Human Papilloma Virus, karena jenis virus ini dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker mulut.

 

Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat menurunkan resiko terjadinya kanker mulut.

 

Makanan (Diet)

Makan makanan yang sehat dan bergizi, terutama buah-buahan dan sayur-sayuran dengan kandungan serat tinggi dapat menurunkan resiko perkembangan kanker mulut.

 

Kemoprevensi

Kemoprevensi adalah penggunaan obat-obatan dan vitamin untuk mencegah pertumbuhan kanker.

 

Sumber :

Tag : Kanker Mulut
2 Komentar untuk "Bagaimana Mencegah Kanker Mulut"

lagi info tentang kanser mulut kat sini - Kanser Mulut

Terus cara pengobatannya gimana ? apa harus operasi ?

Back To Top