Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Bagaimana Menyikat Gigi Anak ?

image Bagaimana menyikat gigi anak adalah suatu hal yang penting diperhatikan oleh para orang tua saat ini, karena gigi yang dirawat sejak dini akan terhindar dari beberapa penyakit gigi dan mulut seperti gigi berlubang, radang gusi ataupun radang pada jaringan pendukung gigi. Dimana penyakit-penyakit gigi diatas adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab tanggalnya gigi.


Menurut artikel yang dimuat oleh About.Com; Dental Care, cara menyikat gigi anakdapat dijelaskan secara sederhana dalam langkah-langkah berikut ini :

Gunakan sikat gigi yang berukuran kecil dengan bulu sikat yang lembut

Kini begitu banyak pilihan sikat gigi yang tersedia untuk anak-anak, sehingga dapat membuat para orang tua bingung untuk memilih mana yang terbaik. Sikat gigi yang anda gunakan sebaiknya berukuran cukup kecil dan cocok dengan mulut anak anda dan sebaiknya juga mempunyai bulu sikat yang lembut

Gunakanlah pasta gigi dalam jumlah sedikit

Sangat penting untuk tidak menggunakan terlalu banyak pasta gigi. Pasta gigi dengan ukuran sebesar kacang cukup baik karena tidak terlalu banyak menghasilkan busa yang dapat mengganggu penyikatan.

Posisi terbaik menyikat gigi

Berdiri di belakang atau disamping anak anda adalah hal yang paling mudah anda lakukan dengan posisi lengan mengelilingi leher anak. Kemudian peganglah sikat gigi dalam posisi yang cocok, tepat, dan menyenangkan bagi anda.

Gunakanlah pembatas waktu atau timer

Dokter gigi anak menyarankan waktu untuk menyikat gigi anak selama 3 menit. Anda dapat mengatur waktu, atau membeli pengatur waktu berupa tabung yang berisi pasir dan dapat dibolak-balik. Ini mungkin bentuknya lucu dan bagus buat anak anda

Sikatlah gigi-gigi belakang terlebih dahulu

Penyikatan dua menit pertama sebaiknya difokuskan pada bagian atas dan bagian bawah gigi belakang anak anda, dimana pada permukaan tersebut lubang gigi biasanya muncul. Gunakan gerakan pendek dan berputar, seperti yang anda lakukan pada gigi anda saat menyikat permukaan kunyahnya.

Berkumurlah dengan seksama

Pastikan mengajar anak anda bagaimana cara berkumur yang tepat, dengan mendesirkan air di dalam mulutnya dan mengeluarkannya. Menelan terlalu banyak pasta gigi dapat menimbulkan kondisi yang disebut fluoritis dan dapat menyebabkan pembentukan “white spots” atau bintik putih pada gigi.

Akhiri dengan menyikat gigi bagian depan

Akhiri dengan memfokuskan penyikatan pada bagian atas dan bawah gigi-gigi depan. Buat sudut penyikatan yang nyaman dan fleksibel buat anda. Jangan lupa untuk menyikat sisi yang berhadapan dengan lidah juga yang berhadapan dengan bibir.

Flossing (membersihkan sela gigi dengan benang gigi)

Anda sebaiknya memulai flossing ketika gigi anak anda telah berkontak satu dan yang lainnya. Gigi belakang biasanya akan berkontak satu dengan yang lainnya lebih dahulu. Anda dapat menggunakan dental floss (benang gigi) atau dental floss khusus untuk anak-anak. Floss diantara semua gigi yang telah berkontak, mulai dari bagian belakang sampai bagian depan. Pastikan anda melakukan flossing yang hati-hati dan lembut di bagian bawah garis gusi.

Gunakan Dental Flossers

Beberapa orang tua menemukan bahwa lebih mudah menggunakan dental flosser khusus untuk anak-anak. Karena tersedia dalam kemasan yang dapat disi ulang dan hanya sekali pakai serta mudah ditemukan di toko-toko yang menjual sikat gigi dan pasta gigi. Flosser khusus anak-anak lebih kecil dan lebih mudah untuk menjangkau mulut anak-anak yang ukurannya lumayan kecil.

Berikan pujian untuk gigi anak anda

Berikan selamat kepada anak yang telah melakukan pekerjaan hebat dan berikan pujian pada giginya yang tampak indah berkilau! Pujilah anak anda agar dapat memberikan dorongan kepadanya sehingga ia kemungkinan akan menaruh perhatian pada kesehatan gigi dan mulutnya.

Sumber :

Artikel : About.Com; Dental Care

Gambar : Baby Teeth Brushing


0 Komentar untuk "Bagaimana Menyikat Gigi Anak ?"

Back To Top