Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Bau Mulut, Apa Sih?

bad breath Bau mulut, siapa yang tidak kenal dengan yang satu ini. Semua orang tentu tidak berharap terkena gangguan mulut ini. Dalam dunia medis bau mulut biasa disebut “halitosis” atau dalam bahasa inggris disebut “bad breath” adalah  bau tidak sedap  yang timbul atau muncul ketika anda bernafas.  Bau tersebut dapat berasal dari dalam mulut atau bukan (misalnya dari dalam saluran pencernaan).

 

Bau yang timbul dari mulut tersebut dapat dijelaskan sebagai bentuk kerja bahan kimia yang berbau, seperti hidrogen sulfida (H2S) dan metil merkaptan (CH3SH). Bahan-bahan kimia ini diproduksi oleh hasil perombakan protein bakteri. Bahan kimia inilah yang menimbulkan bau mulut. Dari beberapa kasus yang ada bau mulut juga dihubungkan dengan plak pada gigi dan sisa-sisa makanan yang terjebak diantara sela-sela gigi.


Sekitar 85 % kasus bau mulut berasal dari mulut. Daerah dalam mulut yang biasa dihubungkan dengan bau mulut adalah derah di antara gigi (interdental), sekitar tepi gusi, dan pada bagian belakang lidah. Gigi tiruan juga dapat menjadi salah satu penyebab bau mulut jika tidak sering dibersihkan.

 

Bau mulut sesaat setelah bangun tidur di pagi hari adalah hal yang biasa dan wajar, dan tidak termasuk halitosis. Halitosis terjadi sepanjang hari dan tidak bisa dihilangkan dengan tindakan pembersihan gigi biasa seperti menyikat gigi.

 

Bau mulut atau halitosis memiliki pengaruh yang sangat penting terutama dalam hal pribadi dan sosial. Dari segi pribadi (dampak pribadi) seseorang yang mempunyai bau mulut akan merasa tidak percaya diri untuk berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain, hal ini  tentu dapat menyebabkan sosialisasi atau hubungan dengan orang-orang di sekitarnya menjadi jarang atau bahkan mungkin berkurang (dampak sosial). 

 

Technorati Tags: ,
2 Komentar untuk "Bau Mulut, Apa Sih?"

Wah gw setuju banget, yang namanya bau mulut mengganggu banget, dari radius 2 meter ajah udah kecium tuh bau, terus terang gw agak sedikit "jijik" dengan penyakit yang satu ini, tapi pastinya ada solusi untuk mencegah gangguan ini. tentunya sering-sering gosok gigi kali yah, en jangan merokok, Fantastis...buat empunya blog..artikel yang sungguh menarik..
trims yah..

iya, dengan rajin nyikat gigi mulut g akan bau, tpi klo bau mulutnya bukan dari mulut atau gigi, misalnya dari dalam (saluran pencernaan)...serajin apapun nyikat gigi g bakalan hilang bau mulutnya...tepat sekali, g ngerokok juga bisa bantu untuk mencegah bau mulut...

Back To Top