Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Ketahui Rongga Mulut Anda

mouthBicara tentang gigi tentu tak akan pernah terlepas dari masalah mulut. Kata “gigi” kebanyakan diikuti oleh kata “mulut” di belakangnya. Sehingga kata “gigi-mulut” selalu hampir berdampingan. Tentu saja, karena gigi terletak di dalam rongga mulut. Rongga mulut manusia bagaikan sebuah “mesin” yang didesain dengan indah dengan berbagai macam bagian yang bekerja bersama-sama membuat anda tetap hidup, sehat, dan bahagia. Mulut adalah salah satu bagian utama dari sistem pencernaan manusia yang merupakan pintu gerbang utama, karena mau tidak mau makanan serta minuman yang ingin dikonsumsi harus melalui rongga ini.

 

Bagian utama rongga mulut manusia dapat dibagi atas :

  • Tulang rahang, yang terbagi atas tulang rahang atas dan tulang rahang bawah. Tulang rahang atas (maksila), merupakan bagian dari tulang tengkorak dan bersatu dengan tulang tengkorak. Tulang rahang bawah  (mandibula), yang bersatu dengan rahang atas dengan kemampuan melakukan geramaxillakan atas-bawah dan kesamping.
    mandible   

 

 

 

 

 

 

  • Gigi dan Gusi, yang membuat anda dapat mengunyah makanan yang kasar menjadi halus, dapat tersenyum, dapat berbicara, dan tertawa. Coba saja anda bayangkan jika anda tidak punya gigi dan tidak punya gusi, pasti anda tidak dapat melakukan hal-hal diatas.
    teeth and gum
  • Otot, yang membuat anda dapat melakukan gerakan pengunyahan, berbicara juga bisa membuat anda mengeluarkan berbagai macam ekspresi marah, kesal, senyum lewat modifikasi gerakan otot di sekitar mulut. Jika otot tersebut tidak ada bisa dibayangkan, anda tidak dapat mengunyah makanan serta menjalani hari-hari tanpa ekspresi wajah. 
    muscle
  • Lidah, sebagai indra pengecap yang membuat anda dapat merasakan lezatnya makanan, dengan kemampuan kuncup pengecap (bud taste) dalam mengenali rasa manis, asam, asin, serta pahit yang dibentuk oleh beberapa papilla di permukaan lidah. Jika organ ini tidak ada, anda tentu tak dapat merasakan nikmatnya rasa setiap kuliner favorit anda.
    tongue
  • Kelenjar Ludah yang mengalirkan ludah (saliva) ke dalam mulut. Layaknya oli dalam mesin, maka saliva juga sama halnya seperti itu ludah(saliva) berfungsi sebagai pelumas untuk membasahi sehingga memudahkan dalam penelanan, juga untuk melindungi gigi anda dari lubang. Selengkapnya mengenai kelenjar ludah dan fungsinya baca disini glandula salivarius 
                                                                     
10 Komentar untuk "Ketahui Rongga Mulut Anda"

baru nyadar kalo rongga mulut sy bekerja keras waktu sy makan...makasih byk rongga mulutku...

mo nanya aja nh bro amandel itu terjadi gmana y, itukan di tenggorokan juga...

saya punya teman neh bro... saya kalau didekati suka gak enak... kenapa? tentu bau mulut yang menusuk hidung. tapi menjauh juga bukan pilihan yang tepat. sebenanya kenapa orang mengalami bau mulut. lalu adakah obat atau sejenisnya. bro kalau udah jawab jalan-jalan ketempatku ya...

Mau nanya mbak, Kenapa ya ibu2 hamil itu produksi salivanya meningkat??cz aku pernah liat katanya ibu itu lagi nyidam ato apalah, penjelasannya gimana yah?
terima kasih:)

@ karumbu : maka sadarilah...makanya tuh gigi&mulut perlu dijaga...

@ planet jingga : amandel sob..??yup, it di tenggorokan emang..ok nanti coba dijawab lewat postingan, tngguin postingannya aja sob..

@ marianus : tuh kan d trbukti klo "g btuh wktu lama untuk ngindar dari teman yng punya bau mulut, siapa jg yng nahan.." sebabnya bisa bnayak faktor sob,sebagian besar sih dri dalam mulut, ada jg yang bukan dari mulut misalnya krna penyakit pada saluran pernafasan, obatnya sih lebih kepada hilangkan penyebabnya (penyakitnya)

@ agoez3 : duh mas, bukan mbak2 nih..mnrut yng artikel yng kubaca, adanya produksi saliva (ludah) yang berlebihan pada ibu hamil katanya wajar karena ada perubahan hormon sama tu ibu, prubahan hormon itu kadang terjadi berlebihan pada trimeseter pertama dan trimester ketiga tpiu ada juga ibu2 yng mengalaminya sepanjang dia hamil..solusinya sih katanya ditelan aja tu ludah, secara alami..

@ marianus : klo tentang bau mulut coba sobat baca ulang postingan yang ini ; http://gusimerah.blogspot.com/2009/05/bau-mulut-apa-sih.html

caileh...
ok deh ditunggu nh jawabannya...

Link banner anda sudah saya pasang. Link me back

postingan yang sangat informatif sekali, keep blogging bro/sis :)

(OOT) selamat pagi sahabat :), menindaklanjuti permintaan sahabat, Banner sudah saya pasang di blog saya :).
kedua, google hanya menampilkan backlink terhadap situs kita hanya dari Blog yang sudah terindek (kredible) sama google. jadi kalo Blognya biasa-biasa saja gak akan tercatat dalam Backlinknya. kalo mau lengkap coba check disini, http://www.checkbacklink.com/
ketiga, hanya Backlink dari blog yang memiliki PR tinggi dan memiliki tema yang sama dengan blog kita yang akan meningkatan PR kita.

salam

Back To Top