Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Minum Teh Hijau “Green Tea” dapat Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Gusi

teh hijau Saat ini produk teh yang beredar di pasaran begitu banyak. Berbagai jenis merek, kemasan yang bervariasi, dan aneka macam rasa. Kadang-kadang semua itu membuat kita sebagai konsumen bingung. Harus memilih jenis teh yang mana?

 

Teh hijau, atau “green tea” pasti sudah akrab di telinga anda. Teh jenis ini sudah begitu banyak diiklankan di televisi. Kadang iklan yang ada di televisi teh jenis ini dikemas dalam kemasan botol instan atau dalam kotak. Nah, mungkin teh jenis ini yang dapat menjadi pilihan anda saat ini, terlebih apabila anda mengonsumsi teh untuk alasan kesehatan.

 

Teh hijau meningkatkan kesehatan gigi dan gusi

Mengapa teh hijau?

Ya, karena para peneliti di Universitas Kyushu, Fukuoka-Jepang  telah menemukan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi teh hijau dapat meningkat kesehatan gigi dan gusinya. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengamati jaringan pendukung gigi 940 pria, dan ditemukan bahwa orang yang secara teratur meminum teh hijau mempunyai kesehatan jaringan pendukung gigi yang lebih  baik jika dibandingkan dengan yang kurang sering mengonsumsi teh hijau.

 

Sebenarnya telah lama diketahui bahwa teh hijau memiliki pengaruh yang bermanfaat terhadap kesehatan. Oleh karena begitu banyak orang yang kini mengonsumsi teh hijau dengan teratur maka Dr. Yoshihiro Shimazaki tertarik untuk meneliti tentang pengaruh konsumsi teh hijau terhadap kesehatan jaringan pendukung gigi terlebih hubungan antara kesehatan jaringan pendukung gigi dan kesehatan tubuh secara umum.

 

Cara teh hijau meningkatkan kesehatan gigi mulut anda

Lalu bagaimana teh hijau meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anda?

Teh hijau mempunyai kemampuan untuk mengurangi gejala penyakit periodontal dengan adanya antioksidan yang disebut catechin. Dimana pada penelitian sebelumnya telah diketahui bahwa antioksidan memiliki kekuatan untuk mengurangi peradangan pada tubuh, sementara indikator atau penilaian penyakit jaringan pendukung gigi yang digunakan adalah berdasarkan indikator penelitian penyakit jaringan pendukung gigi yang menunjukkan adanya respon peradangan bakteri periodontal yang ada dalam mulut. 

 

Dengan menghubungkan respon peradangan tubuh terhadap bakteri pada jaringan pendukung gigi, teh hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan jaringan pendukung gigi dan menjaga terjadinya perkembangan penyakit selanjutnya. Dimana telah diketahu bahwa penyakit jaringan pendukung gigi adalah penyakit peradangan kronik yang menyerang gusi  dan tulang dibawah gigi, dan dihubungkan dengan perkembangan penyakit lain seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

 

Menurut Dr. David Cochran, Presiden Asosiasi Periodontologi Amerika  “ Para ahli jaringan pendukung gigi (periodontist) percaya bahwa “Menjaga kesehatan gusi sangat penting untuk menjaga tubuh yang sehat ” , oleh karena itu sangat penting untuk menemukan cara-cara sederhana untuk untuk mendukung kesehatan jaringan pendukung gigi, seperti dengan konsumsi rutin teh hijau – Sesuatu yang telah diketahui memiliki manfaat terhadap kesehatan.

 

Sumber :

2 Komentar untuk "Minum Teh Hijau “Green Tea” dapat Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Gusi"

terimakasih ya om,, atas infona.,

@ adek kecil : eh penulis blognya bukan om2 yh..catet itu..iy2 mudah2an infonya bermanfaat, selamat minum teh...cari yang green tea ya...

Back To Top