Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Hidup Sehat, Pilihan Utama dan yang Pertama

olahraga_ Hidup Sehat? Siapa yang tidak mau…Semua orang di dunia ini ingin hidup sehat, tidak berpenyakit. Tapi kenyataannya di sekitar kita penyakit dan sumber-sumbernya ada dimana-mana. Sehat yang dimaksud bukan semata-semata bebas lepas dari penyakit infeksi, radang, ataupun penyakit lainnya  tetapi juga sehat mental, karena sehat adalah sehat fisik serta sehat mental. Jadi apa gunanya ketika manusia tidak menderita penyakit fisik tapi ternyata menderita penyakit mental (misalnya saja depresi, kurang waras ataupun gila).

 

Lalu bagaimana cara hidup sehat. Pola hidup sehat dapat ditempuh dalam berbagai cara diantaranya:

 

Banyak berolahraga

Salah satu jalan yang bisa ditempuh agar hidup kita sehat serta bebas dari penyakit adalah dengan berolahraga yang rutin serta teratur, walaupun kadang-kadang sulit untuk melakukan ini. Malas dan sibuk mungkin jadi alasan kita untuk tidak berolahraga. Tapi anda harus tahu bahwa olahraga selalu saja merupakah salah satu jalan yang akan ditawarkan oleh para praktisi kesehatan dan dokter ketika mereka ditanyai tentang pola hidup sehat. Olahraga juga dapat menjadi jalan anda untuk menghindari berat badan yang berlebihan (kegemukan).

 

Konsumsi makanan yang bergizi 

“Makanan adalah obat”, kata seorang dokter ketika diwawancarai dalam salah satu acara  di stasiun televisi. Memang betul, bahwa sekarang kita dituntut cerdas memilih makanan apa yang cocok, sehat serta bergizi buat tubuh kita. Karena makanan yang ada sekarang sudah banyak ditambahkan zat aditif (semisal pewarna, ataupun penguat rasa) yang belakangan diketahui berefek negatif terhadap kesehatan. Makanlah makanan yang beraneka ragam dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral cukup. Konsumsi makanan yang optimal dapat meningkatkan kerja daya tahan tubuh anda sendiri.

 

Istirahat cukup

Istirahatlah ketika tubuh anda telah letih. Tubuh yang letih merupakan tanda bahwa ia perlu penyegaran kembali. Jangan memaksakan tubuh anda bekerja terlalu keras, karena tubuh anda bukanlah mesin, tapi ia terdiri dari organ-organ yang butuh fase istirahat untuk mengembalikan kondisinya pada keadaan semula.

 

Kelola pikiran anda

Pengelolaan  stress yang baik, yaitu misalnya dengan berpikir positif mungkin dapat menjadi pilihan anda untuk hidup lebih sehat. Pikiran yang tenang dan jernih membawa ketenangan dan hidup yang dijalani akan terasa lebih teratur dan rapi.  

 

Technorati Tags: ,
0 Komentar untuk "Hidup Sehat, Pilihan Utama dan yang Pertama"

Back To Top