Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Bakteri dalam Rongga Mulut Kita

fusobacterium streptococcus mutans Rongga mulut merupakan pintu gerbang yang sangat penting bagi kita karena semua makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh, harus melalui rongga ini. Untuk melaksanakan fungsinya ini rongga mulut dilengkapi oleh sejumlah besar bakteri yang akan berhubungan dengan mukosa atau jaringan lunak permukaan rongga mulut.

 

Tahukah Anda kalau ternyata ada begitu banyak bakteri yang hidup dalam rongga mulut kita. Bakteri tersebut bermacam-macam dan sangat kompleks.  Bakteri tersebut secara umum terbagi atas dua yaitu bakteri aerob (bakteri yang butuh oksigen untuk hidup) dan bakteri anaerob(tidak butuh oksigen).   

 

Jenis-jenis mikroba atau bakteri yang ditemukan dalam rongga mulut kita antara lain:

  • streptokokkus,
  • stafilokokkus,
  • corynebacteria,
  • neisseria,
  • lactobacilli,
  • kandida, dan banyak lainnya.

Salah satu jenis bakteri yang paling terkenal merusak adalah Streptococcus mutans, yang penting pada permukaan gigi, terutama pada orang-orang yang mengonsumsi gula (sukrosa) dalam jumlah yang tinggi. Bakteri ini akan memecah gula dan menghasilkan zat-zat yang membantu untuk melekatkan dirinya pada permukaan gigi. Ketika gula ini mengalami pemecahan, sejumlah asam laktat akan diproduksi. Produksi asam laktat tersebut menurunkan pH (meningkatkan tingkat keasaman) di dalam rongga mulut, yang akan membantu dalam pertumbuhan lactobacilli.

6 Komentar untuk "Bakteri dalam Rongga Mulut Kita"

hi my friends, is my first time to visiting your blog, wow your blog so nice and good, im glad in here, maybe someday I’ll found something in this site. Thanks. Come on! Surf Through my blog http://iimusica.com/ for all the latest Information and updates of your favorites Business, computer, Education, general, Health, News, others, sports, technology etc…

Thats really great, i am very happy to know this and thankful to u for sharing this with us.

ya iyalah...banyak bakteri secara bermacam" yang masuk ,,,,

Artikel yang menarik sekali, semoga sukses selalu..thx,slm kenal

bakteri penyebab bau mulut sa;ah satunya salobacterium moorei yg menghasilkan sulfur di rongga mulut kt. dan istila kesehatannya adalah halitosis.
jd mari kt jg sanitasi di rongga mulut kt.

Back To Top