Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Tips Makan Dengan Gigi Palsu Yang Baru

makan dengan gigi palsu Mempunyai gigi palsu mungkin dambaan bagi anda yang sudah tak lagi mempunyai gigi. Hal ini cukup beralasan, jika semua gigi anda telah habis dan anda tidak mungkin untuk mengunyah makanan. Bagaimana mungkin dapat mengunyah jika hanya jaringan lunak dari tulang alveolar yang tersisa (orang awam masih biasa menyebutnya gusi). Bayangkan saja mengunyah makanan dengan gusi bertemu dengan gusi, hal yang mustahil.

Saat ini ada begitu banyak jenis gigi palsu yang biasa digunakan. Jenisnya bermacam-macam tergantung pada indikasi perawatannya. Anda pasti sering melihat ragam dari jenis gigi tiruan (gigi palsu) ini. Coba kemudian lihat dan amati jenis apa yang anda miliki. Beragam gigi palsu ini tentu butuh cara yang baik untuk penggunaannya.

Mungkin ada diantara rekan, teman, bapak, ibu, kakek, atau nenek anda yang memakai gigi palsu. Kalau ada, mungkin mereka bingung setelah memakai gigi palsu yang baru, mereka harus makan apa dan bagaimana caranya. Bagi anda yang memakai gigi palsu atau memiliki rekan yang menggunakan gigi palsu terdapat tips mudah yang dapat dilakukan untuk mereka yang baru saja menggunakan gigi palsu, diantaranya yaitu :

1. Makanlah makanan yang lunak

Mengapa makan makanan yang lunak menjadi penting, ya karena gigi palsu anda masih baru dan gusi anda tentu butuh masa adaptasi atau penyesuaian. Hindari mengonsumsi makanan yang keras, karena hal itu dapat membuat gusi anda merasa tidak nyaman.

2. Potong makanan menjadi bagian kecil

Memotong makanan menjadi bagian yang kecil berguna agar proses mengunyah anda menjadi tidak sulit dan mempermudah proses penelanan.

3. Mengunyahlah dengan perlahan

Terburu-buru dalam mengunyah makanan bukanlah hal yang baik karena dapat membuat rahang anda menjadi kaku dan tegang, dan mungkin saja gigi palsu anda dapat menjadi miring.

4. Hindari makanan panas, makanan keras, atau tajam

Hal ini bertujuan agar gigi palsu anda yang baru dapat mempunyai waktu yang cukup untuk beradaptasi. Makanan yang panas, keras serta tajam dapat saja membuat anda merasa tidak nyaman dan dapat membuat anda tidak ingin lagi memakai gigi palsu.

4 Komentar untuk "Tips Makan Dengan Gigi Palsu Yang Baru"

cocok ni buat instruksi ke pasien...!!! lama gak update kang...!!!

sobat tolong ganti link qu http://www.djemari.org/ di tunggu konfirmasi nya yaa thanks

Back To Top