Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Bagaimana Cara Kerja Invisalign (Behel Tanpa Kawat)

kawat gigi invisalign Selama bertahun-tahun, ada begitu banyak kemajuan teknologi yang terjadi, dan hal ini juga mempengaruhi dunia kesehatan dan industri alat-alat di bidang kedokteran gigi. Ketika menyinggung masalah kemajuan teknologi di bidang kedokteran gigi maka kita mungkin akan membahas tentang “Invisalign”, salah satu bentuk kemajuan teknologi yang sangat berpengaruh bagi perawatan ortodonsi (ilmu meratakan gigi). Apa itu invisalign (behel tanpa kawat)? mungkin anda baru mendengar dan bertanya-tanya tentang produk ini. Ini adalah salah satu cara yang paling modern yang digunakan oleh dokter gigi atau ortodontis (dokter spesialis ortodonsi) untuk membantu para pasien yang mengalami masalah kelainan susunan atau letak gigi. Proses penggunaan invisalign ini melibatkan bagian yang dibuat secara tersendiri, berbeda untuk tiap pasien, dan memiliki beberapa “aligners” (alat untuk meratakan gigi). Aligners ini dibuat khusus untuk tiap pasien dan terbuat dari lembaran plastik yang tak terlihat dimana ia nyaman digunakan dan sangat halus.

Cara kerja Invisalign adalah “aligners” diwajibkan dipakai setiap hari oleh pasien dimana secara bertahap akan membantu gigi bergerak ke posisi yang diinginkan. Dengan bantuan dokter gigi atau dokter spesialis ortodonsi maka akan dapat direncanakan kemana gigi tersebut akan digerakkan. Manfaat sebenarnya yang dapat diperoleh dari kawat gigi Invisalign ini adalah pasien tidak perlu khawatir tentang keharusan untuk menggunakan bracket yang terbuat dari logam dan adanya kawat dalam rongga mulut seperti yang digunakan oleh kebanyakan orang saat ini. Hal ini mungkin karena informasi yang didengar dari orang-orang yang menggunakan kawat gigi adalah adanya rasa tidak nyaman ketika terdapat bracket dan kawat yang ada dalam rongga mulut. Juga ditemukan kesulitan ketika setiap minggu harus melakukan penyesuaian atau pengaktifan ke dokter gigi agar gigi dapat bergerak, apalagi jika makan dengan menggunakan kawat gigi dengan bracket. Jika menggunakan Invisalign, maka masalah-masalah ini tidak akan ditemukan lagi karena pasien secara sederhana dapat memasang aligners setiap dua pekan dan menunggu pergerakan gigi yang terjadi .

Pasien akan secara rutin menggunakan beberapa aligners baru setiap pekan hingga perawatan sepenuhnya berakhir.  Selama periode ini, pasien dapat melepaskan aligner kapanpun untuk membersihkannya sehingga pasien dapat membersihkan gigi dengan sikat gigi atau dengan dental floss (benang gigi). Pasien juga dapat mengonsumsi makanan apapun yang diinginkan tanpa harus khawatir sisa-sisa makanan akan tersangkut di antara gigi. Kelebihan ini memberikan kenyamanan dan kemudahan selama proses pergerakan gigi berlangsung.

Salah satu keuntungan kawat gigi Invisalign adalah semua orang tidak akan tahu jika pasien saat ini sedang dalam proses meratakan gigi. Karena bahan yang digunakan berupa lembaran plastik yang berwarna jelas maka orang-orang tidak akan menemukan bracket yang berukuran besar ataupun kawat gigi yang cukup mengganggu. Ini salah satu jalan yang dapat dilakukan jika ingin memperbaiki susunan gigi  yang tidak rata tanpa harus menarik perhatian orang-orang disekitar. Pasien dapat merasa nyaman dan lebih percaya diri untuk tersenyum tanpa menggunakan piranti ortodonsi seperti bracket.

1 Komentar untuk "Bagaimana Cara Kerja Invisalign (Behel Tanpa Kawat)"

Back To Top