Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

9 Tips Efektif Merawat Kebersihan Gigi dan Mulut

tips merawat kesehatan gigi (2) Berikut ini adalah 9 tips singkat dan efektif untuk merawat kebersihan gigi dan mulut anda. Tips ini sebaiknya diikuti dan dilaksanakan jika anda ingin gigi anda tetap sehat.

 

1. Sekali Setahun. Berkunjunglah ke dokter gigi minimal sekali setahun, , dan sebaiknya dimulai dari usia dini, karena kerusakan gigi dapat terjadi setelah gigi tumbuh.


2. Tiga kali sehari. Sikatlah gigi anda tiga kali sehari setelah makan. Waktu yang sangat penting adalah sebelum tidur dan setelah bangun di pagi hari.


3. Pasta gigi, dengan fluorida. Para ahli kesehatan gigi merekomendasikan penggunaan pasta gigi fluoride untuk mencegah kerusakan gigi.

 

4. Sikatlah dengan tepat. Geraka menyikat yang tepat adalah dengan membuat gerakan yang sifatnya kecil, halus dan elips (berputar), di bagian bawah gusi, gigi belakang dan daerah di sekitar gigi bagian atas.


5. Segera ganti bila sikat gigi rusak.  Para ahli merekomendasikan mengganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan untuk mencegah timbulnya penyakit gusi.


6. Gunakan benang gigi (dental floss). Gunakan benang gigi atau (dental floss)setiap hari, waktu terbaik untuk menggunakannya pada malam hari, karena pada saat tidur tidak teradapt air liur, dan kondisi ini dapat mempercepat pembentukan plak.

 
7. Gunakan obat kumur. Obat kumur merupakan perawatan tambahan terhadap kesehatan gigi anda.


8. Ikutilah diet sehat. Keragaman dan diet seimbang juga membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh yang dapat bertahan melawan setiap infeksi di rongga mulut.


9. Jaga kebersihan gigi. Jika Anda harus makan diluar rumah dan anda tidak dapat menggunakan sikat gigi maka gunakanlah permen karet bebas gula untuk membantu membersihkan gigi anda

0 Komentar untuk "9 Tips Efektif Merawat Kebersihan Gigi dan Mulut"

Back To Top