Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Seberapa Sering Sih, Anak Anda Harus Ke Dokter Gigi ?

kunjungan anak ke dokter gigi Kunjungan pertama anak ke dokter gigi biasanya dilakukan ketika gigi pertama mereka telah tumbuh atau pada usia sekitar satu tahun. Dengan membawa anak ke dokter gigi berarti bahwa anda akan mengenalkan anak pada dokter gigi agar mereka menjadi terbiasa.

Kunjungan ke dokter gigi harus menjadi bagian dari kehidupan anak dan penting peranannya agar gigi anak dapat tetap sehat. Pembersihan gigi secara teratur bahkan ketika anak masih sangat muda sangat penting untuk mempertahankan kesehatan gigi anak.

Ketika anak sudah cukup dewasa dan mampu melakukan pembersihan gigi minimal dua kali sehari dan menggunakan benang gigi (dental floss) sekali sehari maka hal itu berarti tugas anda sebagai pendamping mungkin akan menjdai ringan. Tapi tidak cukup sampai hal itu, anda harus tetap terus melakukan kunjungan ke dokter gigi

Seberapa sering anak anda harus mengunjungi dokter gigi? jawabannya adalah dua kali setahun. American Academy of Pediatric, Akademi Kesehatan Gigi Anak Amerikan merekomendasikan dua kali kunjungan dalam setahun untuk anak-anak yang memiliki gigi yang sehat.

Jika gigi anak bermasalah, maka anda harus segera membuat janji dan berkunjung ke dokter gigi. Saat anak anda beusia satu dan lima tahun dokter gigi akan memeriksa kesehatan gigi mereka, memastikan tidak ada lubang gigi, atau penyakit gusi. Dokter gigi juga akan membersihkan dan memberi gigi anak berupa lapisan fluoride untuk mempertahankan gigi mereka. Dokter gigi dapat merekomendasikan “sealant” untuk mencegah sisa-sisa makanan memasuki celah-celah dan rongga penyebab gigi berlubang. Prosedur “sealant” ini dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

Seberapa sering anak harus berkunjung ke dokter gigi mungkin juga tergantung pada seberapa baik Anda mengelola kebersihan mulut anak Anda dan adanya masalah genetik atau keturunan yang dapat mempengaruhi gigi. Jika dokter gigi Anda merekomendasikan bahwa anak Anda harus berkunjung ke dokter gigi lebih dari dua kali setahun maka tentu ada alasan yang berdasar, mungkin saja gigi anak anda bermasalah dan perlu perawatan. Gigi anak harus tetap sehat, hal ini penting untuk perkembangan kesehatan gigi mereka.

Mengembangkan kebiasaan baik bagi kesehatan gigi ketika seorang anak masih berusia muda akan memastikan bahwa mereka akan terus merawat gigi secara mandiri seiring dengan bertambahnya usia mereka.

0 Komentar untuk "Seberapa Sering Sih, Anak Anda Harus Ke Dokter Gigi ?"

Back To Top