Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Efek Negatif Tindik Bibir (Oral Piercing) Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut

efek-negatif-tindik-bibir Banyak orang tidak menyadari bahwa terdapat efek samping negatif tindik bibir (oral piercing). Terlepas dari kenyataan bahwa akan ada pembengkakan dan perubahan dalam kemampuan seseorang untuk berbicara dengan baik, maka ada banyak hal yang masih bisa terjadi. Karena itu jika anda berniat akan melakukan tindik bibir (oral piercing) maka sebaiknya anda membaca terlebih dahulu mengenai efek negatif tindik bibir (oral piercing) terhadap kesehatan gigi. Berikut ini adalah beberapa efek negatif terhadap kesehatan gigi dan mulut yang mungkin saja terjadi.

  1. Penyakit gusi 
    Benda yang berupa perhiasan ini sering dimasukkan ke dalam lidah atau bagian mulut yang berkontak dengan gusi. Jaringan gusi sering menjadi rawan dan beresiko karena dapat menjadi teriritasi, serta mengalami infeksi . Jika terdapat infeksi di gusi, maka akan mempengaruhi gigi. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya atau tanggalnya gigi.
  2. Transfer penyakit lebih mudah .
    Terdapat kasus di mana beberapa virus, hepatitis, dan bentuk lain dari penyakit dapat menular dari satu orang ke orang lain. Ada banyak orang di luar sana yang melakukan tindik bibir (oral piercing), dimana mereka rentan terhadap penyakit tertentu. Karena efek mulut yang selalu basah, maka seseorang yang memiliki tindik bibir (oral piercing) akan rentan terhadap infeksi bakteri.
  3. Pendarahan dalam jangka waktu lama 
    Terdapat kasus yang ditemukan dimana pembuluh darah yang sensitif secara tidak sengaja dapat saja mengalami perforasi (kebocoran), hingga mengakibatkan perdarahan berkepanjangan. Dalam kasus tersebut, maka orang tersebut akan merasa mati rasa dan kehilangan sensasi.
  4. Tidak untuk yang memiliki penyakit jantung
    Orang-orang dengan masalah jantung mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami endokarditis, yaitu suatu peradangan pada jaringan jantung. Infeksi bakteri dapat mencapai jantung dan menyebabkan kelainan fungsi jantung.
  5. Alergi terhadap logam. 
    Terdapat beberapa reaksi alergi pada bahan yang digunakan dalam tindik bibir (oral piercing). Selain itu, bahan tindik bibir (oral piercing) yang berupa perhiasan yang sering dimasukkan ke dalam lubang yang telah dibuat pada jarungan lunak juga dapat menyebabkan reaksi alergi, terutama jika orang tersebut sensitif terhadap logam.
  6. Menyebabkan kerusakan pada gigi.
    tindik bibir (oral piercing) dapat menyebabkan keretakan atau chipping pada gigi, terutama dalam kasus kecelakaan. Sudah terbukti bahwa bahan tindik bibir (oral piercing) yang berupa perhiasan di mulut dapat menyebabkan gigi menjadi retak atau mengalami chipping.
  7. Sulit untuk makan.
    Kebanyakan dari mereka yang memiliki tindik bibir (oral piercing) melaporkan kesulitan dalam mengunyah atau menelan makanan. Selain itu, juga terbukti sulit untuk berbicara dengan jelas.
0 Komentar untuk "Efek Negatif Tindik Bibir (Oral Piercing) Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut"

Back To Top