Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Mouth Guard, Apa Sih?

mouth-guard Saat ini, kasus luka atau trauma saat olahraga banyak terjadi, hal ini dikarenakan olahraga banyak mengikutkan permainan fisik yang termasuk didalamnya kegiatan lari, lompat, kontak fisik dengan lawan, dll. Tentu saja resiko terjadinya jatuh atau tabrakan dengan benda keras sangat  tinggi, dan bagian wajah, gigi, jaringan keras dan lunak rongga mulut, tidak lepas dari itu. Mouth guard menawarkan pencegahan terhadap trauma/luka tersebut.

 

Apa sebenarnya mouth guard ?

Mouth guard adalah suatu alat pelindung yang menutupi gigi dan gusi untuk mencegah terjadinya luka pada gigi, rahang, bibir, dan gusi. Jika anda sering menonton pertandingan tinju di tv dan mata anda jeli melihat suatu alat yang biasa dipasang oleh petinju sesaat sebelum mereka masuk ring, maka itulah yang disebut “mouth guard”, alat ini juga kadang dilepas saat mereka tengah istirahat disela-sela ronde.

 

Mouth guard digunakan untuk apa?

  • Kebanyakan digunakan sebagai alat pelindung saat olahraga untuk mencegah luka atau trauma akibat kontak fisik. Misalnya saja olahraga tinju, gulat, dll.
  • Sebagai alat yang digunakan dalam perawatan bruksisme, atau untuk perawatan kelainan sendi rahang, serta merupakan alat untuk perawatan gigi dan mulut misalnya untuk prosedur pemutihan gigi.

Kampanye pengunaan mouth guard

Saat ini di negara-negara barat sedang digalakkan kampanye pengunaan mouth guard, kampanye kesadaran penggunaan maouth guard tahun ini dirintis oleh Asosiasi Kedokteran Gigi Amerika, yang menganjurkan untuk menggunakan mouth guard terutama saat berolahraga. Karena sekitar 11-18% trauma/luka  saat berolahraga berhubungan dengan wajah, sementara gigi dan mulut adalah satu kesatuan dengan wajah. Berikut ini ilustrasi yang menggambarkan kemungkinan yang terjadi saat anda berolahraga :

 

mouth guard effect

Sungguh akan sangat sakit, dan tidak dapat digambarkan bagaimana luka atau trauma yang akan terjadi pada wajah, gigi, gusi, atau mulut anda. Bisa dibayangkan….

 

5 Komentar untuk "Mouth Guard, Apa Sih?"

wooow jadi tahu moutguard neh,...siiip

makin banyak aja sobat blogger yang komen di blog ini...ayo2 komen2, blog ini do follow lho..g tw do follow (cari sndiri ya...)

@ buwel : sob "mouth guard" bukan "moutguard", salah tuh tulisannya...thanks, d bisa kasi pencerahan lagi tentang mouth guard

mouth guard ya?
Yang sering dipake chris john itu kan?
Tapi kalau dipukul keras lepas juga..
Bayangan saya kalau mouthguard itu untuk melindungi rahang juga , benar nggak itu?
jadi biar rahang tidak bergeser saat terjadi benturan gitu.

Memang kurang nyaman saat pake pertama kali, tapi klo dah terbiasa nyaman juga. Demi keselamatan.

kalo tingkat nasional sih semua atlet beladiri pake mouth guard pas bertanding tapi di tingkat daerah mouth guard gak byk dipake. kasian juga atlet kita kalo byk yang ompong.

@ agoez3 : iya sob, mouth guard..tepat skli yng sring dpke ma chris john yang ce-esannya mbah marijan itu...yup tepat skali sob..mouth guard jg emang digunakan untuk lindungi rahang para petinju..

oh, d pernah pake mouthguard sob..??atw jngn2 ptnju juga neh..klo iya, hti2 dngn gigi sama rahangnya ya...

@ karumbu : yah bgtulah sob faktanya..semakin ke udik alt2 yang kyak gtuan kurang dpt perhatian, keselamatan sat berolahraga juga hal yng pnting lho..bukannya olahraga biar sehat, eh nyatanya dapat sakit...kan g lucu juga klo snyum juaranya pke hilng 1 buah gigi depan..he he

Back To Top