Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Tips Mengatasi Rasa Takut Ke Dokter Gigi

takut ke dokter gigi Banyak orang yang begitu takut pergi ke dokter gigi. Namun, anda tidak ingin membahayakan kesehatan mulut anda karena menolak untuk mendapatkan perawatan yang dibutuhkan bukan. Pergi ke dokter gigi saat ini bagi masyarakat kita masih menjadi momok yang begitu menakutkan, apalagi jika berbicara mengenai biaya yang harus dikeluarkan jika berkunjung ke dokter gigi

 

Merupakan hal yang awam jika pergi ke dokter gigi itu adalah hal yang begitu dihindari. Entah mengapa, mungkin karena adanya rasa takut akan suara, rasa sakit atau dengan kondisi ruang praktek dokter gigi, tidak sedikit juga yang bahkan hanya dengan mencium aroma ruang praktek dokter gigi bisa menjadi begitu trauma. Apakah anda termasuk didalamnya. Jika iya, mungkin tips dibawah ini bisa berguna bagi anda.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi rasa takut anda dalam mengunjungi dokter gigi :

 

  • Sebelum anda pergi ke dokter gigi, luangkan waktu untuk bersantai dan menenangkan diri. Tarik napas dalam-dalam dan bayangkan anda mengalami kunjungan perawatan gigi yang tenang. Jangan pernah membayangkan anda akan mengalami sesuatu yang menyakitkan karena itu dapat mengganggu niat dan semangat anda
  • Ajukan pertanyaan sebanyak mungkin mengenai prosedur yang akan anda terima. Semakin banyak yang Anda tahu, Anda akan merasa lebih tenang tentang segala hal yang mungkin terjadi. Mungkin anda dapat bertanya “Ini prosedur apa lagi dok?”, atau “bagaimana prosedur perawatan yang akan saya terima dok?”
  • Jika Anda mengalami kecemasan/gelisah, penting untuk mengkomunikasikan rasa takut anda pada dokter gigi sebelum prosedur berlangsung. Sampaikanlah dengan jujur, jangan menutupinya dengan berpura-pura bersikap berani. Jika anda tidak memberi tahu rasa takut anda maka akan mengakibatkan timbulnya dugaan-dugaan yang mengerikan, sehingga menciptakan pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Perlu diketahui bahwa dokter gigi telah terlatih untuk meredakan kecemasan/kegelisahan orang dalam perawatan gigi.
  • Beberapa dokter gigi  kadang menyediakan musik diruang praktek, musik ini bisa anda dengarkan dan memberi efek “menenangkan” saat anda duduk di kursi gigi. (cobalah untuk menarik napas anda dalam-dalam, berikap rileks dan dengarkan musik dengan santai).

Pergi ke dokter gigi tidak harus menjadi pengalaman mengerikan. Tetaplah berkunjung ke dokter gigi. Jangan sampai rasa takut membuat gigi anda menjadi sakit.

5 Komentar untuk "Tips Mengatasi Rasa Takut Ke Dokter Gigi"

pagi...
leh mnta tips ut mncgah n mbrsihkn krang gigi gak?
oia, slam knal, skalian q follow...

saya mah ga takut ke dokter gigi, yang bikin takut..bayarnya itu loh!! suka mahal!! :)

Tips yang bermanfaat .. untuk anak saya biar gak takut ke dokter gigi ...

Artikel yang bagus !

Barangkali informasi mengenai "rasa takut" berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Rasa Takut ?

temen saya termasuk yang paling takut ke dokter gigi..
kalo udah mau periksa gigi, perutnya pasti mules..hehe

Back To Top