Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Ketahui Penyebab terjadinya Bruksisme

bruksisme-tidurBruksisme (menggertak-gertakkan gigi pada waktu tidur di malam hari) disebabkan oleh berbagai macam kondisi diantaranya adalah :

 

Stress dan Apnea tidur.

- Stress menyebabkan rahang menjadi tegang dan mengeras sehingga dapat mengakibatkan terjadinya bruksisme. Anda mungkin sebaiknya kembali mengevaluasi gaya hidup anda dan kembali mengenali apa yang menyebabkan anda merasa khawatir, cemas, gelisah dan mengalami stress. Jika anda bekerja terlalu lama cobalah untuk menguranginya. Di sela-sela pekerjaan mungkin anda dapat sedikit bersantai sejenak. Jika merasa stress anda boleh berjalan2 selama beberapa menit di taman untuk melepaskan ketegangan anda. Sedikit olahraga juga terbukti dapat melepaskan endorfin ke adalam tubuh yang akan berfungsi sebagai pereda nyeri alamiah dan menimbulkan rasa tenang.

- Apnea tidur adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya berhenti bernafas dalam waktu sangat singkat selama fase tidur. Dan biasanya ini menimbulkan suara dengkuran yang berat karena jalan udara terhalangi. Ini dapat menjadi pemicu timbulnya bruksisme.

 

Kafein

Sejumlah rangsangan juga dapat memperburuk bruksisme dan sebaiknya anda tidak minum minuman yang mengandung kafein atau alkohol beberapa jam sebelum anda tidur. Anda mungkin bisa mencoba kopi atau teh yang tidak mengandung kafein sebagai penggantinya.

 

Merokok

Merokok juga adalah faktor lain yang dapat menyebabkan bruksisme. Merokok dapat mengiritasi saluran hidung dan kerongkongan. Hal ini cenderung dapat mengakibatkan dengkuran berat dan kemungkinan timbulnya bruksisme.

 

Obat-Obatan Antidepresan

Bruksisme juga dapat terjadi diakibatkan oleh konsumsi obat-obatan yang termasuk antidepresan seperti : Prozac dan Zoloft. Jika anda menggertak-gertakkan gigi anda dan sedang meminum obat-obatan jenis ini penting untuk kembali berkunjung ke dokter untuk konsultasi mengenai resep obat yang mungkin dapat diganti.

 

Asupan Kalsium

Apakah asupan kalsium anda cukup dalam makanan anda? Karena kekurangan kalsium juga terlihat menyebabkan bruksisme. Tingkatkanlah asupan produk makanan sehari-hari yang mengandung susu dan keju atau anda mungkin boleh mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium.

 

Jika anda merasa menderita bruksisme pada malam hari sebaiknya pergilah ke dokter gigi anda. Dokter gigi akan memeriksa gigi anda dan susunan rahang anda untuk mengatur beberapa ketidaknormalan yang dapat menyebabkan bruksisme.

 

Dalam beberapa kasus jika gigitan anda tidak tepat hal ini dapat menyebabkan bruksisme. Dokter gigi anda juga mungkin akan merekomendasikan sebuah mouth guard, yaitu sejenis piranti yang dipasang dalam mulut anda yang dapat dipasang dan dilepas sendiri. Mouth guard ini mirip dengan yang biasa digunakan oleh petinju saat akan bertarung di ring. Mouth guard ini nantinya akan menghalangi gigi atas dan gigi bawah anda bertemu dan berkontak sehingga dapat mencegah bruksisme saat tidur.

 

Sumber :

· Artikel : Cure Bruxism

 

Technorati Tags: ,

Tag : Bruksisme
3 Komentar untuk "Ketahui Penyebab terjadinya Bruksisme"

nice artikel menambah pengetahuan tentang gigi
boleh kan sy copy buat teman? soalnya dia kekx bruksisme deh :)

thanks y komennya..mw di copy, boleh..moga2 tmannya bisa bkurang bruksismenya...

thanks y komennya...mw di copy, boleh2..moga temannya bisa brkurang bruksismenya...

Back To Top