Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

Kunyah Permen Karet Untuk Mengurangi Gigi Berlubang

image Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal utama yang harus diperhatikan. Rajin menyikat gigi, melakukan flossing, menggunakan obat kumur, serta kunjungan rutin untuk pemeriksaan dokter gigi mungkin beberapa jalan yang bisa ditempuh untuk menjaga kesehatan gigi anda.


Kini mengunyah permen karet menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mulut anda. Menurut artikel dari InteliHealth News Service yang ditulis oleh Nancy Volkers di situs www.simplestepsdental.com sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Foresight Links-Toronto yang dipublikasikan oleh Jurnal American Dental Association menyarankan untuk menambahkan permen karet yang mengandung sedikit gula pada kebiasaan menjaga kesehatan mulut anda.

Para peneliti ini melihat efek kesehatan permen karet yang terbuat dari gula alkohol, atau polyol. Mereka menemukan kandungan gula alkohol serta polyol pada banyak jenis permen karet, makanan, pasta gigi dan permen biasa. Semua rasanya hampir sama dengan gula, tetapi keuntungannya adalah cenderung tidak menyebabkan kerusakan gigi. Xylitol dan sorbitol adalah dua jenis polyol yang paling banyak digunakan pada permen karet.

Studi yang terdiri dari 19 studi dengan melibatkan 8 negara ini menemukan bahwa :

Orang yang mengunyah permen karet yang hanya mengandung xylitol atau dengan sorbitol, mempunyai 1/2 lubang gigi lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak mengunyah permen karet.

Orang yang mengunyah permen karet sorbitol juga mempunyai 20% lebih sedikit lubang gigi dibanding yang tidak mengunyah permen karet sorbitol.




Pada penelitian ini orang-orang mengunyah permen karet lebih dari satu kali sehari. Sembilan studi melaporkan bahwa orang mengunyah permen karet pada waktu-waktu khusus. Lima studi yang lainnya mengatakan bahwa orang selalu mengunyah permen karet setelah makan. Orang-orang dalam studi ini mengunyah permen karet tiap hari selama sekurang-kurangnya dua atau tiga tahun. Pada studi yang melibatkan anak-anak, mereka mengunyah permen karet hanya pada saat hari sekolah Para peneliti menemukan orang yang mempunyai lebih sedikit lubang gigi adalah yang mempunyai dosis xylitol tinggi. Namun kemudian jika xylitol diberikan secara berlebihan pada dosis yang sangat tinggi dapat berefek negatif karena dapat menyebabkan diarrhea.

Para peneliti ini menyimpulkan bahwa orang-orang sebaiknya mengunyah permen karet yang mengandung xylitol dan atau sorbitol sebagai bagian dari kebiasaan menjaga kesehatan mulut mereka sehari-hari.



Sumber :

Artikel >> www.simplestepsdental.com-chew your way to fewer cavities

Gambar >> www.impactlab.com-bubble gum


2 Komentar untuk "Kunyah Permen Karet Untuk Mengurangi Gigi Berlubang"

boleh tau merek permen karet sorbitol yang ada di pasaran apa? trima kasih.

bagaimana dengan gigi berlubang yang hampir mengenai gusi bagian dalam,,,,????
apakah boileh mengunyah permen karet tersebut,,???
dan apakah berbahaya gigi berlubang yang mengenai gusi bagian dalam...???

terimaksih sebelumnya.
:)

Back To Top