Tempat Berbagi Informasi,Dan Tips Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut.

2 Macam Lapisan Pelindung Gigi

gambar lapisan pelindung gigi Tahukah anda kalau gigi tersusun atas dua lapisan pelindung yang berfungsi sebagai tameng atau perisai. Lapisan pertama biasa disebut lapisan email, yang berada pada posisi terluar. Lapisan ini dapat secara langsung anda lihat sementara lapisan kedua yaitu yang disebut lapisan dentin. Lapisan ini tidak dapat secara langsung dilihat oleh mata. Lapisan email memiliki komposisi bahan yang sfatnya keras sementara lapisan dentin memiliki sifat yang lebih lunak.

Lalu apa yang terjadi jika suatu saat lapisan pelindung gigi seperti email yang anda miliki rusak atau aus? Kemungkinan lapisan email rusak dimungkinkan oleh karena beberapa hal misalnya oleh karena cara menyikat gigi yang salah atau keliru. Bagian email yang terletak dengan akar gigi akan menipis dan menghilang. Bruksisme juga dapat mengakibatkan menipisnya lapisan email, karena gigi pada rahang atas dan rahang bawah akan berkontak dan saling mengikis sehingga lapisan tersebut dapat mengalami keausan secara cepat.

Jika lapisan email aus atau rusak maka lapisan dentin yang berada didalamnya akan terlihat dan terbuka. Dentin berfungsi melindungi lapisan lunak yang berada didalamnya yaitu pulpa yang terdiri dari susunan saraf. Dan jika pada suatu saat lapisan dentin juga mengalami kerusakan maka akan mengakibatkan terpaparnya ruang pulpa. Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahawa lapisan pelindung gigi ini sangat penting untuk kita jaga keberadaannya.

Jika lapisan pelindung gigi seperti dentin ini telah terbuka atau terpapar dengan udara luar maka ada kemungkinan anda akan mengalami yang biasa disebut gigi sensitive. Saat makanan yang panas atau dingin anda konsumsi maka anda akan merasakan gigi anda yang ngilu. Hal ini disebabkan oleh karena ruang pulpa yang berisi saraf akan mengirimkan sensasi rasa ngilu atau nyeri ke otak akibat adanya rangsangan dari luar berupa kondisi dingin atau panas. Dalam dunia kedokteran gigi gigi sensitive biasa juga disebut sensitivitas dentin. Jika anda memeiliki fungsi lapisan pelindung gigi yang terjaga maka anda akan jauh dari sakit gigi, ataupun gigi berlubang. Dan jika anda memiliki gejala gigi sensitive maka itu merupakan salah satu tanda terdapat lapisan gigi yang rusak atau terbuka.

1 Komentar untuk "2 Macam Lapisan Pelindung Gigi"

Back To Top